Keukenhof Garden merupakan taman bunga terbesar di dunia yang terletak di Lisse, Belanda bagian selatan.





Di taman bunga seluas 32 hektar ini banyak ditanam bunga-bunga yang indah terutama bunga tulip yang memang bunga khas Negeri Belanda. Di taman ini setidaknya terdapat sekitar 7 juta bunga tulip dengan 100 spesies.

Pada awalnya, tempat ini merupakan areal perkebunan pribadi milik Countess of Holland ? Jacoeba van Beieren yang memerintah kerajaan tersebut pada tahun 1401 ? 1436.

Nama Keukenhof sendiri memiliki arti Kebun Dapur, karena tempat ini dahulu dipergunakan untuk menanam berbagai jenis sayuran, obat-obatan dan rempah-rempah yang dipergunakan untuk bahan memasak makanan keluarga kerajaan.

Taman ini mulai dibuka untuk umum pada tahun 1949 sebagai obyek wisata oleh walikota Lisse, W.J.H. Lambooy bekerjasama dengan 10 perusahaan pengembang tanaman bunga terkemuka di daerah tersebut. Ide awalnya taman ini dibuka untuk umum karena ingin mempromosikan keberadaan Lisse sebagai pusat industri bunga segar di Belanda.

Taman bunga Keukenhof dibuka setiap musim semi yaitu sekitar akhir bulan Maret hingga akhir bulan Mei. Setiap hari dalam masa pembukaannya taman ini akan selalu mengadakan parade bunga terbesar di dunia.



Dalam parade ini biasanya turut dimeriahkan oleh festival-festival lain sesuai dengan tema pameran setiap tahunnya. Festival yang kerap kali diadakan antara lain parade bunga, pasar bunga, festival musik, hingga festival pakaian tradisional Belanda.

Pada 2011 lalu pameran ini bertema mengusung tema "Journey Through Europe". Dalam pameran ini 20 flower floats dan 30 kendaraan hias telah didandani untuk menyusuri jalan-jalan utama di selatan Negeri Belanda sejauh 40 km.

Tahun ini, tepatnya pada tanggal 21 April 2012 parade bunga tersebut kembali akan diadakan dengan mengangkat tema, Germany : The Land of Poets and Philosophers. Tema ini diusung untuk menghormati Jerman sebagai negara pengekspor bunga dan puluhan wisatawan Jerman yang telah berkunjung ke Keukenhof.
(http://travel.ghiboo.com/menanti-parade-bunga-terbesar-dunia-di-keukenhof)


This entry was posted on 23.25 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 komentar: